Jika anda sering menghabiskan waktu di bagian pengiklanan terutama di Google Adsense tidak salah lagi anda pasti sering mendengar Page RPM dan Impression RPM. Google adsense adalah program pengiklanan yang bekerja dengan cara di click atau impression yang mengingatkan kita tentang CPC, CTR, CPM, RPM, dan lainnya. Sekarang kita akan bercerita tentang perbedaan antara page RPM dan Impression RPM.
Dasar dari Advertisement
Pertama mari kita bahas tentang dasar dari aturan-aturan yang ada di pengiklanan.
- Clicks - Jumlah klik dari pengunjung website.
- Page view - Jumlah berapa kali halaman blog di buka oleh pengunjung. Tidak peduli berapa Iklan yang ditempatkan disana.
- Impression - Penampilan jumlah halaman atau iklan yang ada.
- Ad Impression - Berapa kali iklan anda di tampilkan. Misalnya anda memiliki 3 iklan di 1 halaman. Maka jika anda membuka halaman anda 2 kali maka Ad Impression adalah 6 dan Page views adalah 2.
Page RPM dan Impression RPM
Untuk tahu apa perbedaannya mari pertama kali mari kita cari tahu apa itu RPM.
RPM (Revenue per Impression) dibayar setiap 1000 kali Penampilan. Cara menghitungnya adalah Jumlah pendapatan dibagi jumlah penampilan iklan dan dikalikan 1000.
Contoh : jika pendapatan anda disetiap 5000 (page views) penampilan adalah $10. Maka hitungannya adalah (10/5000) *1000 = $2. Maka pembayaran yang anda dapat setiap 1000 Impression adalah $2.
Page RPM jumlah page views yang anda dapat.
Ad Impression jumlah penampilan iklan yang anda dapat
Kalo masih agak bingung. Bisa ditanyakan langsung lewat komentar.
Masih bingung euy sama perhitungan adsense, makasih mas, salam kena
BalasHapusmau nanya ni mas, jika jumlah di page RPM mencapai 500 ribu, kenapa di estimated earning hanya 921 rupiah?
BalasHapus